Selasa, 17 November 2009

TATA RUANG YANG KONDUSIF DALAM PEMBELAJARAN

Tata Ruang yang Kondusif dalam Pembelajaran

Oleh:

Restu Pujiantara (0902919)

Dalam sistem belajar dibutuhkan banyak sekali faktor untuk mendukung pembelajara baik materi, pengajar, teknik-teknik penyampaian.

Namun, ada satu hal yang sangat mendasar dalam proses pendidikan terlebih lagi untuk pendidikan setingkat anak sekolah dasar(SD), yaitu tata ruang kelas yang nyaman dalam suatu proses pembelajaran, karena faktor ini sangat berpengaruh besar dalam proses pembelajaran, trlebih jika kondisi kelas sudah tidak kondusif. Maka itu dibutuhkan kondisi keadaan kelas yang sangat nyaman.

Bagaimana mengatur lingkungan fisik agar menjadi tempat yang kondusif bagi siswa atau pembelajar? Pertanyaan tersebut pastilah yng ada pada benak setiap pembaca. Dibawah ini adalah beberapa jawaban untuk pertnyaan tersebut:

1. Keleluasan dalam pandangan

Keleluasaan artinya penempatan dan penataan barang-barang didalam kelas tidak mengganggu

pandangan siswa, sehingga siswa secara leluasa dapat memandang guru, benda atau kegiatan yang sedang berlangsung.

2. Mudah dicapai

Penataan ruang harus dapat memudahkan iswa untuk meraih atau mengambil barang-barang

yang dibutuhkan selama proses pembelajaran. Selain itu jarak antar tempat duduk harus cukup untuk dilewati oleh siswa sehingga siswa dapat bergerak dengan mudah dan tidak mengganggu siswa yang lain.

3. Fleksibel

Barang-barang didalam kelas hendaknya mudah ditata dn dipindahkan yng disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

4. Kenyamanan

Kenyamanan disini berkenaan dengan suhu ruangan, cahaya, suara, dan kepadatan kelas.

5. Keindahan

Prinsip keindahan ini berkaitan dengan usaha guru menata ruang kelas yang menyenagkan dan

kondusif bagi kegiatan belajar. Ruangan keas yang indah dan menyenangkan dapat berpengaruh positif pada keadaan siswa..

Penyusunan dan pengaturan ruang belajar hendaknya memungkinkan anak duduk berkelompok dan memudahkan guru untuk membantu dan memantau tingkah laku siswa dalam belajar. Dalam pengaturan ruang belajar, hal-hal berikut perlu diperhatikan yaitu:

v Ukuran bentuk kelas

v Bentuk serta ukuran bangku meja

v Perbandingan jumlah siswa laki-laki dan perempuan

Dan ada yang penting lagi dalam tata ruang kelas yaitu kursi, kursi harus dibuat senyaman

Mungkin karena dapat berpengaruhpada proses pembelajaran yang dilakukan oleh pra siswa, sebagai contoh bila kursi tidak bagus, terlalau rendah atau tinggi, terlalu besar atau kecil, dan tidak sesuai dengan keadaan bentuk tubuh siswa. Dan juga bentuk kedaan bangku atau kursi harus sesuai dengan keadaan pembelajaran.

Maka dari itu penataan ruang kelas sangat penting bagi suatu sistem pembelajaran, dan faktor ini harus dimiliki oleh setiap guru atau pengajar terutama untuk sekolah dasar karena dalam tahap ini perkembangan otak siswa belum maksimal maka dengan tata ruang kelas yang baik dapat pula meningkatkan fungsi otak kanan, namun tidak menutup kemungkinan juga pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti SMP, SMA, bahkan sampai pada tingkat perguruan tinggi sekalipun.

REFERENSI

Sudrajat,A. 2008”Penataan Tempat Duduk Siswa Sebagai Bentuk Pengelolaan Kelas”

[online] tersedia:http//akhmadsudrajat.wordpess.com (26 oktober 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar